Andai Menjadi Wirausaha

Wirausaha merupakan salah satu cita-cita saya yang paling di mimpi-mimpikan dan mudah-mudahan akan terwujud. Aamiin. Mengapa demikian ? Karena dengan berwirausaha kita telah mengikuti jejak Rasulullah SAW yang pada waktu itu melakukan kegiatan perdagangan. Banyak kelebihan yang di dapat bila kita menjadi seorang wirausahawan diantaranya ialah mampu membuka lapangan pekerjaan, sehingga akan menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu, dengan memulai berwirausaha, kita dapat merubah dan membuktikan pemikiran orang-orang yang menginginkan bekerja setelah selesai menempuh sekolah tingkat atas atau setelah lulus kuliah dengan gelar sarjana. Bekerja dan bekerja, kata-kata itulah yang mereka impikan atau pikirkan untuk masa depannya. Memang tidak salah bila mereka menginginkan untuk bekerja. Tetapi dengan semakin banyak persaingan yang sangat ketat sekali, apakah dapat bekerja semua ? Dengan berbagai fakta yang ada, seorang sarjana yang setelah selesai kuliah pun masih banyak yang menjadi pengangguran. Berawal dari permasalahan inilah, kita harus merubah pemikiran untuk menjadi seorang wirausaha yang memiliki keuntungan sangat banyak. Bila dibandingkan dengan bekerja, gaji yang berwirausaha lebih menjanjikan, tetapi tidak lepas dengan usaha-usaha yang dilakukan.

Dengan melihat permasalahan dan fakta-fakta yang ada, saya pun semakin semangat lagi untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Aamiin. Sebenarnya, semenjak saya menempuh sekolah di SMK, mata pelajaran Kewirausahaan sudah diajarkan. Yang pastinya memiliki tujuan yang sangat kuat, diantaranya ialah sewaktu siswa lulus dari sekolah, para siswa hanya memiliki 3 pilihan yaitu bekerja, berwirausaha, dan kuliah. Mungkin kalau siswa yang tidak ingin bekerja dan kuliah, mereka dapat berwirausaha, atau sebaliknya. Selama mengikuti mata pelajaran Kewirausahaan tersebut, siswa diberikan materi-materi menjadi seorang wirausaha. Tidak terlepas dari teori-teori yang diberikan, para siswa pun wajib praktek langsung untuk menjadi seorang wirausaha atau istilah lainnya harus berdagang dan jika tidak melaksanakan praktek tersebut, para siswa tidak akan lulus pada mata pelajaran Kewirausahaan. Saya pun langsung berpikir untuk mencari sebuah wirausaha yang cocok di kalangan sekolah, memiliki peluang yang sangat besar, dan bersifat praktis, karena pada waktu itu saya ngekost. Setelah memikirkan beberapa faktor tersebut, saya pun memutuskan untuk berjualan pulsa, saya nilai berjualan pulsa itu sangat praktis sekali dan pada waktu itu yang berjualan pulsa di kelas maupun di sekolah masih jarang sekali. Pertamanya, saya hanya berjualan di area kelas dan pada akhirnya berkat iklan dari mulut ke mulut bisa sampai antar kelas. Syukur Alhamdulillah, memang sebuah wirausaha itu bisa diawali dengan suatu keterpaksaan.

Selain itu, saya juga masih menyimpan impian untuk berwirausaha dalam bidang yang lainnya. Mungkin impian ini saya awali dengan sebuah kegemaran bermain game yang berjudul “Harvest Moon”, dari game tersebut saya terinspirasi untuk memiliki sebuah pemukiman yang sangat asri dan alami, dimana saya bisa melakukan wirausaha di bidang pertanian dan peternakan. Selain itu, pemukiman yang saya miliki pun bisa dijadikan sebuah objek wisata yang berbasis edukasi.

Pada bidang pertanian, saya menginginkan wirausaha untuk men-supply berbagai sayuran atau buah-buahan yang di tanam ke berbagai kawasan di Indonesia, bahkan bisa keluar negeri. Secara geografis, Jawa Barat sangat cocok sekali untuk bercocok tanam, kalau istilah lainnya “Apasih yang tidak bisa tumbuh di Indonesia ?”. Mengapa saya menginginkan wirausaha ini ? Karena ini merupakan hobi saya memakan sayur-sayuran dan saya berpikir untuk memiliki usaha  yang bersifat kebutuhan primer bagi kebutuhan manusia. Karena bila sayuran tidak ada, manusia mau makan apa ? Masa iya tiap hari makan daging. Selain itu, saya sangat miris sekali dengan keadaan Indonesia sekarang, apa-apa harus impor.

Pada bidang peternakan, saya menginginkan untuk men-supply daging sapi, ayam, atau yang lainnya ke restoran-restoran yang ada di Indonesia. Selain itu juga, kotoran dari hewan-hewan tersebut bisa dijadikan pupuk organik untuk yang ada di bidang pertanian.

Perkembangan dari bidang pertanian dan peternakan tersebut diatas, saya menginginkan membuat sebuah restoran dengan berbagai olahan dari sayuran yang pastinya bahan baku dari makanannya dari diri sendiri.

Mengingat sekarang saya kuliah di Teknik Informatika, saya pun tidak akan menyia-nyiakan ilmu yang telah didapat. Semaksimal mungkin saya akan mengkombinasikan dunia Informatika dan wirausaha yang dijalani. Mungkin sekarang ini saya masih memimpikan wirausaha yang ingin dijalani. Namun, saya yakin bahwa kesuksekan itu berawal dari mimipi dan tak terlepas dari usaha dan do’a yang harus selalu dijalani. Mudah-mudahan Allah merealisasikan semua impian ini. Aamiin Yaa Rabbal’alamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s