Permainan Berwirausaha

4

Menurut saya, permainan ini sangat menarik, mendidik, dan bermanfaat sekali. Permainan ini dapat dimainkan oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Selain itu, permainan ini bersifat gratis dan dapat diakses secara bebas. Permainan ini mengajarkan banyak hal untuk menjadi wirausaha yang sukses, dimulai dari hal yang paling kecil atau dasar.

2 Untuk menjadi seorang wirausaha alangkah baiknya kita harus belajar dahulu kepada wirausaha yang telah sukses dan berpengalaman seperti yang ada pada permainan ini. Kita dapat belajar kepada wirausaha sukses dan berpengalaman sesuai dengan bidang yang akan kita  jalani nanti. Dalam permainan tersebut, untuk menjadi seorang wirausaha kita diarahkan untuk belajar dan praktek langsung sesuai dengan bidangnya kepada wirausaha yang telah sukses dari hal-hal dasar sampai dengan pada tingkat yang rumit. Dari setiap langkah yang diajarkan, kita juga akan mendapatkan tips dan trik dalam melakukan tindakan. Selain itu, kita juga akan mendapatkan pepatah baik dari wirausaha yang telah sukses tersebut agar kita dapat menjadi wirausaha yang lebih baik lagi. Untuk menjadi wirausaha, tidak hanya hard skill yang harus dimiliki, yang paling terpenting ialah kita harus melatih dan meningkatkan soft skill yang telah kita miliki atau belum dimiliki. Karena, hanya soft skill lah yang dipakai untuk menghadapi segala rintangan dan tantangan yang pasti akan datang kepada setiap wirausaha. Selain itu, menjadi wirausaha haruslah bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan.

3Ketika kita memainkan permainan ini, sesekali kita pernah gagal atau poinnya kecil. Tetapi kan kita penasaran untuk mencoba lagi agar poinnya besar dan dapat naik level dari yang sebelumnya. Dari kejadian tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa saat kita berwirausaha, kita dapat mengalami kegagalan dengan beberapa faktor diantaranya ialah karena aksi yang kurang maksimal. Namun dari kegagalan tersebut janganlah putus asa begitu saja, justru dari kegagalan itulah kesuksesan dapat diraih. Dari kegagalan itu kita dapat mengambil hal positifnya, dan untuk yang bersifat negatif kita analisis kembali untuk menjadi lebih baik lagi. Menurut saya, tanpa adanya kegagalan kita tidak akan mendapat proses pembelajaran dan hanya itu-itu saja yang akan dilakukanya, sehingga akan menjadi standar. Dari sebuah kegagalanlah, kita dapat belajar untuk dapat menduduki level yang lebih tinggi lagi, seperti ketika kita bermain BigGames101. “Kenalilah kelemahan dan kelebihan diri sendiri, apa saja yang telah dipersiapkan dan yang masih dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha”, kutipan dari permainan BigGames101.

1Dalam permainan ini juga diajarkan tentang bagaimana mengatur waktu (management time) yang baik, agar aktivitas yang dilakukan detik demi detiknya bermanfaat dan lebih efektif. Selain itu, sumber daya pun tidak luput diajarkan dalam permainan ini, agar kita bisa mengoptimalkan sumber daya yang kita miliki. Dan yang terakhir, kita diajarkan tentang resiko. Resiko ? iya kata-kata itulah yang paling menantang menurut saya, dari katanya saja sudah menantang, apalagi kalau kenyataannya. Sebuah resiko pasti akan muncul ketika berwirausaha, seperti halnya kegagalan. Seorang wirausaha harus berani mengambil sebuah resiko ketika ada sesuatu hal, inilah yang disebut tantangannya.

Dari sebuah permainan yang bermanfaat ini dapat saya simpulkan bahwa ketika ingin membangun sebuah usaha, kita harus membekali diri dengan belajar kepada wiarausaha   sukses dan berpengalaman sesuai dengan usaha yang kita minati. Dari pembelajaran tersebut, kita akan mendapatkan berbagai hal yang tidak akan kita sadari (soft skill maupun hard skill), permasalahan-permasalahan, dan lain-lain. Setelah pembelajaran dari wirausaha itu cukup, barulah kita bangun wirausaha yang diinginkan.

Pada akhir ulasan ini, saya menyampaikan terima kasih banyak kepada pembuat game BigGames101 yang telah membuat game bermanfaat yang gratis kepada semua orang.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s